Temu Bakti KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi se-Bali VI



Tahun 2011 adalah pergelaran Temu Bhakti KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi se-Indonesia yang keenam. Sebagai tuan rumah tahun ini adalah KSR-PMI Unit Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. TB VI diselenggarakan dari tanggal 27 April – 3 Mei.

Hari pertama peserta mengikuti pembukaan di Aula Kesbang Linmas Prov. Kalimantan Timur. Tarian khas Kaltim turut memeriahkan pembukaan ini. Acara dilanjutkan dengan seminar nasional berjudul “Quo Vadis Relawan Indonesia” oleh Ketua PMI Pusat Bidang PMR, Relawan dan IT yaitu H.Muhammad Muas, SH. Kemudian berlanjut dengan seminar oleh Pembantu Rektor III Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Prof. Dr. H. Abd. Rachim AF, SE, M.Si berjudul “Ketika Mahasiswa Berbaju PMI”. Setelah rehat, jam 1 siang peserta balik lagi ke Gedung LPMP Prov. Kaltim untuk Musyawarah Nasional (Pleno I) hingga pukul 11 malam (tentunya diselingi rehat makan, mandi, dan ibadah).

 



Hari kedua. Setelah melakukan aktivitas pagi seperti ibadah, giat pribadi, hingga sarapan, peserta kembali melaksanakan Sidang Pleno II di Aula Gedung hinggal. Setelah itu baru Sidang Pleno III hingga pukul 23.00 WITA. Di hari ketiga Sidang Pleno III dilanjutkan hingga pukul 23.00 WITA.

Agenda hari keempat adalah wisata ke museum di Kota Kutai. Selanjutnya peserta diajak beramah-tamah ke kantor Bupati Kukar. Acara berlanjut lagi menuju tepian Sungai Mahakam Samarinda untuk wisata kuliner sekalian melaksanakan kegiatan sosial City Clean yaitu membersihkan tepian sungai mahakam yang berada di depan Islamic Centre. Setelah Ishoma (istirahat, sholat, makan), dilanjutkan ramah tamah dengan Walikota Samarinda di Rumah Dinas Walikota, beliau juga sekaligus Ketua PMI Prov. Kaltim. Hiburan artis Samarinda menambah keseruan dan kemeriahan acara ramah tamah. Acara ramah tamah berlangsung hingga pukul 23.00 WITA. Peserta kembali ke LPMP Prov. Kaltim untuk beristirahat.

Minggu, hari kelima, dilaksanakan outbond di Lapangan Latihan Kepemimpinan Korem 091/ASN. Peserta diajari menaiki jaring laba-laba, berjalan di satu tali, tiarap pada satu tali, dan yang paling seru adalah flying fox. Jam 8 malam kegiatan dilanjutkan kembali dengan agenda Konstruksi Forum Komunikasi KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi se-Indonesia, yaitu proses memilih DPP Forkom KSR-PMI UPT beserta jajarannya, dan memilih DPD Forkom untuk masing-masing daerah.

Hari keenam peserta diajak ke Citra Niaga, Kota Samarinda, sebuah komplek pertokoan souvenir khas Kaltim. Hari keenam ini bersamaan dengan perayaan HUT KSR-PMI Unit Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda ke XIV yang bertempat di Gedung Serba Guna Kampus Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Acara HUT diisi dengan aksi donor darah oleh para peserta. Malam harinya adalah acara yang dinanti-nantikan oleh seluruh peserta yaitu malam puncak yang acaranya berupa pertunjukkan seni dari masing-masing daerah bertempat di Aula Gedung LPMP hingga pukul 24.00 WITA.



Hari ke-7, jam setengah 6 pagi peserta sudah berangkat menuju Bontang untuk wisata industri ke Pabrik LNG PT. Sampai di Bontang jam 11, peserta diberikan penjelasan mengenai cara memproduksi LPG dan LNG sekaligus berkeliling pabrik. Setelah puas berkeliling pabrik, peserta ramah tamah dengan Walikota Bontang di kantornya. Jam 3 sore peserta menuju Kampong Air untuk melihat rumah khas Kaltim yang berada diatas air. Setelah selesai wisata Kampong Air, peserta kembali ke Samarinda mengikuti acara penutupan. Acara penutupan bertempat di Gedung Serba Guna Kampus Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda ditutup oleh Rektor Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Di hari terakhir, sebelum pulang seluruh peserta TB VI mendapat undangan ramah tamah dari Rektor Universitas Mulawarman Rute pulang untuk kontingen Bali: Samarinda -> Bandara Sepinggan Balikpapan menggunakan mobil carteran -> di Bandara Juanda -> travel mengantarkan kami ke Denpasar.


| Rian

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...