Pelatihan PSP (Psychosocial Support Program) se-Bali


Pelatihan PSP (Program Dukungan Psikososial) merupakan pelatihan spesialisasi PMI dalam menanggulangi bencana maupun konflik untuk mengatasi para survivor (korban) yang mengalami gangguan fisik, mental, serta sosial akibat bencana maupun konflik yang dialami.

Pelatihan PSP tahun 2011 dilaksanakan di Taman Pahlawan Tugu Tiga Sangket (Monumen Tri Yudha Sakti), Desa Sangket, Kabupaten Buleleng pada tanggal 20 s/d 24 April 2011. Peserta pelatihan PSP merupakan anggota UKM KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi (PT), KSR-PMI Unit Cabang/Kab., Tenaga Suka Rela (TSR) Cabang/Kab., serta Staf PMI yang berada di wilayah Provinsi Bali yaitu dari 8 Kabupaten + 1 Kota di Bali. Jumlah keseluruhan peserta Pelatihan yaitu 35 orang, 2 diantaranya adalah wakil UKM KSR-PMI Unit Unud yaitu : I Nyoman Yana Putra S. (angkatan ke-16) dan A.A. Diah Utari Ningsih (angkatan ke-17).




Pelatihan PSP diadakan karena kebutuhan akan tenaga spesialisasi PSP kurang memadai oleh karena semua orang baik survivor maupun staf PMI pasti pernah mengalami stress dan rasa putus asa.

Dalam pelatihan PSP ini diajarkan berbagai macam hal seperti (1) Management Stres baik itu untuk Petugas PMI yang turun melakukan Tanggap Darurat maupun untuk survivor; (2) Berkomunikasi efektif dengan survivor agar mereka tidak merasa sendirian tak berdaya serta agar mereka tidak tersinggung; (3) Pertolongan Pertama PSP seperti memberikan ceramah, konseling, FGD (Focus Group Disscusion), serta mengajak untuk sesekali bermain agar tidak jenuh. (Diah)


.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...