DIKLATDAS GABUNGAN KSR-PMI SE-BADUNG 2010


Siammo Tutti Pratelly!!!!!

Salam Kemanusiaan untuk semuanya !!!

Pelatihan peningkatan kemampuan merupakan kegiatan penting di lingkungan Kepalangmerahan, salah satunya yaitu DIKLATDAS. Diklatdas ialah kegiatan pelatihan dasar yang harus ditempuh untuk mendapat pembekalan mengenai materi kepalangmerahan.

Tanggal 24 – 29 Januari 2010 UKM KSR-PMI Unit Universitas Udayana bergabung dengan PMI Cabang Badung melaksanakan kegiatan penting tersebut yaitu Pendidikan dan Latihan Tingkat Dasar Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia yang disingkat menjadi DIKLATDAS KSR-PMI.

DIKLATDAS kali ini tidak hanya melibatkan peserta dari Universitas Udayana, namun staf PMI Cabang Badung yang belum melaksanakan DIKLATDAS juga ikut kegiatan ini. Kegiatan selama enam hari ini bertujuan memberikan pembekalan dasar kepalangmerahan kepada peserta. Dan juga untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, persaudaraan, dan kerjasama.

DIKLATDAS dilaksanakan di Aula PMI Cabang Badung dengan tema kegiatan “Ciptakan Rasa Kemanusiaan dan Solidaritas Antar Sesama” dan diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari dua belas orang dari Calon Anggota UKM KSR-PMI Unit Universitas Udayana dan delapan orang dari Staf PMI Cab. Badung. 

Seharusnya karena DIKLATDAS ini merupakan gabungan KSR-PMI Se-Badung maka KSR dari Perguruan Tinggi selain UNUD seharusnya ada. Namun mereka yang terdiri dari 7 perguruan tinggi lainnya ada kesibukan yang tak bisa ditinggalkan sehingga tidak sempat mengikuti DIKLATDAS ini.


Adapun penyelenggara dari DIKLATDAS ini berasal dari anggota UKM KSR-PMI Unit UNUD dan Staf PMI Cab. Badung yang belum menjalani DIKLATDAS. Acara ini dilaksanakan dalam beberapa bentuk pelatihan, antara lain:

1) Orientasi Calon Anggota/Pra-Diklat.
2) Outbond.
3) Presentasi.
4) Test.
5) Diskusi/Tanya jawab.
6) Praktik lapangan.
7) Simulasi.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 24 Januari 2010 sore. Diawali dengan pembukaan acara yang dihadiri oleh peserta, panitia, Pengurus PMI Cab. Badung, Pengurus PMI Daerah Bali, wakil dari Pembantu Rektor III Universitas Udayana, dan rekan-rekan KSR PT yang ada di Denpasar. Pembekalan materi dasar dilaksanakan keesokan harinya dari tanggal 25 – 28 Januari 2010. Pada siang hari tanggal 28 Januari 2010 dilakukan simulasi kegiatan di Lapangan Sading Kabupaten Badung.

Peserta simulasi berjumlah delapan belas orang. Lebih sedikit dari yang mengikuti DIKLATDAS sebelumnya. Pengurangan ini disebabkan oleh sakitnya satu orang peserta dan ada peserta yang permisi dikarenakan akan mengikuti kemah jurusannya sehingga mereka berdua tidak dapat mengikuti simulasi. Simulasi mengambil tema “Angin Puting Beliung”. Banyak pihak terkait membantu proses simulasi kali ini.

Mendirikan tenda.



Dengan berakhirnya simulasi ini maka kegiatan DIKLATDAS telah berjalan setengahnya. Namun, acara ini belum berakhir sampai di sini sebab DIKLATDAS yang sesuai standar PMI Pusat adalah berjumlah 120 jam. Sehingga kegiatan DIKLATDAS ini akan ada lanjutannya.

Lanjutan tersebut dilaksanakan pada bulan Maret 2010 berupa pelatihan bersama (LatBer) selama empat kali. Latber juga untuk memperdalam materi yang waktu ini terasa kurang pas dan kurang dimengerti oleh para peserta. Dengan terlaksananya seluruh rangkaian tersebut maka kegiatan DIKLATDAS ini akan sesuai dengan standar.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...