DIKLATDAS Gabungan

Masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) memiliki program kerja kepengurusan sesuai dengan bidangnya masing-masing, begitu pula dengan UKM KSR PMI Unit UNUD.

Salah satu program kerja yang jadi kegiatan rutin tiap tahun adalah Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar (DIKLATDAS). Kegiatan DIKLATDAS pada periode kepengurusan 2010/2011 untuk angkatan ke-18 merupakan DIKLATDAS gabungan bersama KSR PMI Unit STIKI.

FYI, DIKLATDAS adalah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh anggota baru UKM KSR untuk memenuhi kualifikasi sebagai Korps Sukarela PMI.

Panitia pelaksana DIKLATDAS Gabungan kali ini adalah pengurus periode 2009/2010. Ni Luh Kartika Mardiani dari KSR PMI Unit UNUD sebagai ketua panitia dan Putri Malini dari KSR PMI Unit STIKI sebagai wakil ketua panitia. Peserta DIKLATDAS gabungan adalah mahasiswa baru angkatan 2010 yang mendaftar dengan biaya pendaftaran Rp.150.000,-

Awalnya yang mendaftar sebagai anggota baru KSR-PMI Unit Unud mencapai 155 orang yang berasal dari berbagai Fakultas. Diantaranya Fakultas Pertanian, Fakultas Pariwisata, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum.

Namun dalam pertemuan rutin yang bertujuan saling memperkenalkan sesama anggota baru, intensitas kehadiran peserta mulai berkurang. Dan yang tetap tinggal hanya sedikit orang.

Sedikitnya peserta tidak menyurutkan langkah panitia mengadakan DIKLATDAS Gabungan. Rangkaian awal DIKLATDAS adalah diadakan Orientasi calon Anggota. OCA diadakan di Lapangan Bola Desa Gentong, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar. OCA dilaksanakan selama dua hari, mulai dari tanggal 1 Oktber 2010 sampai tanggal 2 Oktober 2010.












Kemudian secara rutin diadakan pelatihan secara berkesinambungan di Aula PMI Cabang Badung. Dalam Pelatihan, calon anggota mendapatkan pengetahuan seputar Palang Merah dan praktek langsung untuk penanganan Pertolongan Pertama dan pendirian tenda. Hingga akhirnya tercapai standarisasi 120 jam dengan melengkapi pelatihan ini dengan Simulasi.

Taman Perjuangan Rakyat Margarana dipilih sebagi tempat simulasi. Simulasi dilakukan tanggal 13 Desember 2010 dibantu oleh KSR Perguruan Tinggi (PT) se-Denpasar serta relawan-relawan yang ikut berpartisipasi memeriahkan simulasi.

Pada akhir Simulasi, dilantiklah 17 orang relawan KSR Unit Unud, KSR STIKI, KSR Warmadewa yang tetap bertahan sampai akhir.
















Terima kasih untuk semua pihak yang telah menyukseskan DIKLATDAS Gabungan UNUD, STIKI dan Warmadewa. Baik berupa sumbangan materi, tenaga, serta doanya sehingga acara ini dapat terselesaikan dengan tuntas. Untuk anggota UKM KSR yang baru, selamat berjuang memajukan UKM KSR di masing-masing unit.. Siamo!
.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...